Ada Apa dengan Anak MI?

10 Februari 2022 at 10.47 Tinggalkan komentar

Mungkin tidak banyak yang tahu dengan singkatan MI. Meski begitu, tentulah cukup banyak yang tahu, apa itu MI?
MI adalah sebuah lembaga pendidikan dasar di bawah lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia. MI adalah sebuah sekolah dasar dengan ciri khas keislamannya. Ciri khas keislaman pada lembaga pendidikan MI itu bersifat formal. Artinya, MI, atau Madrasah Ibtidaiyah itu berciri khas Islam secara fisik maupun batin. Kita bisa melihat siswa dan siswa yang mengenyam pendidikan di MI berseragam islami berupa baju lengan panjang dan rok panjang yang dilengkapi jilbab yang menutupi wajah mereka yang putri. Siswa putra semenjak kelas satu sudah mengenakan celana panjang walaupun bukan merupakan kewajiban, yang dilengkapi dengan kopiah pada hari-hari tertentu. Begitu juga dengan seragam olahraga yang berupa setelan pakaian training berupa celana panjang dan kaus lengan panjang.
Sebagai kepala MI dengan latar belakang pendidikan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, tentulah bukan seorang guru yang siap menghadapi anak-anak MI yang berusia 6 sampai 12 tahun. Iya, seumur hidup menjadi guru, saya lebih banyak menghadapi siswa setingkat SMP atau SMA. Siswa MI tentu saja berbeda jauh dibandingkan dengan siswa MTs yang setingkat SMP. Kenyataan bahwa siswa kelas 1 sampai tiga jauh berbeda dengan siswa kelas empat sampai enam saja mengharuskan guru dan kepala sekolah menghadapinya dengan cara yang berbeda.
Kenyataan itu menjadikan guru kesulitan membuat program kegiatan ekstrakurikuler. Tentu berbeda ekstrakurikuler yang tepat untuk siswa kelas rendah dan kelas tinggi. Ini istilah yang dibuat kesepakatan di antara pemangku pendidikan tingkat MI.
Saya sebagai seorang guru Bahasa Indonesia, terlalu fokus pada hasil akhir pendidikan. Program yang saya buat untuk siswa yang akan lulus berupa penerbitan buku kumpulan puisi bersama. Penyusunan buku kumpulan puisi bagi siswa MTs saja terasa sulit. Tapi, apakah itu menjadi hambatan? Bukankah beberapa seolah setingkat SD sudah menerbitkan buku?
Nah, kalau ingat yang seperti itu, saya jadi bersemangat kembali.

Kumai, 10 Februari 2022

Entry filed under: Tak Berkategori.

Jumpa Lagi Ada Apa dengan Anak MI?

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed